Nan Tasirek Dalam Tambo Asal Bundo Kanduang Kampuang Dalam Korong Sumpu Gudam Pagaruyung . Bagian ke 28
Allah Yang Maha Kuasa Maha Raja Seluruh Alam
Pengakuan
pengakuan dalam kehidupan kedunia
Dua kalimah yang tidak bisa terpisahkan
ESA PADA ZAT DAN ESA PADA SIFAT
ZAT DAN SIFAT TIDAK TERPISAH
TIDAK ADA TUHAN SELAIN DARI PADA ALLAH DAN MUHAMMAD RASULULLAH.
Ingat dengan Allah setiap saat, setiap detik
setiap saat baqa, setiap detik fana.
Pagaruyung.
Bundo Kanduang merawat Buaya semenjak dari telur,
setelah menetas dipagar dengan ruyung di batang Selo,aliran laut sahilan.
maksut tersirat kedudukan batin pada yang baqa berkekalan
dan perbuatan zahir bertingkah laku terpelihara.
Buayo bapaga tareh , Kabau Bainang.
untuk memimpin perlu Rajo Duo Selo
selo bermakna cara duduk laki laki minang
Duo selo bermakna duo kedudukan
menjaga pertalian jasat yang kekal, insan Kamil
memelihara nafsu dalam beramal
Maka ada Raja duo Selo di minang kabau, yang tidak terpisahkan satu sama lain.
yanag hak atau baqo, kalamnya terpilih atau kalamullah
yang fana, budinya berharga,
Anak kamanakan kasadonyo. bangkiklah tareh nan tarandam, japuiklah gadai lamo, pasan gaek sajak dulunyo
Katokan bana ka nan zalim
Dukuang bana ka nan alim.
Dukuang Rajo jo pangulu nan alah ado, indak usah ma elo eloan kaki
jadikan Allah Maha Rajo nan ado dimano mano, gelar nan dipakainyo untuk karajo bukan untuak basanang sanang. wajib kito msndukuangnyo. ambiak manfaat dari kasadonyo.
jadilah manusia berjiwa besar.
Basatu kito Esa Basamo.
Uruiklah niniak jo mamak nan tuo tuo, mintak maaf mintak patunjuak
kito haragoi niniak mamak kito, kito pakayo jiwa kito.
niniak mamak kito banyak baibo hati dek sakolah anak kamanakan lah tinggi bana mambuek mamak randah diri, angkek mamak kito baliak banyak batanyo tentang kehakian, nan lupo dipagunoan salamoko.
Pendidikan agamo alah dikuasoi ilmu agamo,
matoari ditabikan dari barat indak pakai utara selatan
api membara didalam dado, cahayo Nurani ditutuiknyo.
Bukaklah surau tampek mangaji, baraja hakiki kanan tuo.
,,Kepunyaan Allah timur dan barat, kemana kamu menghadap
disanalah kiblat, yang disukai Allah.
!, Engkau yang sebenarnya dibalik dinding yang merupa sahwat dan
dibelakang tabir sipat kemanusiaan,
Engkau yang sejati adalah suatu roh yang suci bersih, tanpa noda sahwat, dan berada jauh diatas ketinggian sipat kemanusiaan tanpa
condong pada apapun dan tidak pula berkeinginan,,.
Tubuh atau jasat adalah suatu hakikat yang akan sirna dan bahwa
tubuh itu merupakan baju ujian yang diciptakan oleh Allah untuk
penguji roh.
sifat sifat manusiawi dengan apa apa yang ada padanya dari sahwat
sahwat, dan keinginan keinginan serta kemauan kemauan yang diikuti dengan pelanggaran pelanggaran adalah juga sebagai cobaan
dn
Tidak ada komentar:
Posting Komentar