Nan Tasirek Dalam Tambo Asal Bundo Kanduang Kampuang Dalam Korong Sumpu Gudam Pagaruyuang . Bagian ke 30
Mambaco Kato Datuak Paduko Putiah nan Tagantuang Tinggi.
Makna kata kata tersirat.,
Datuak paduko putiah nan tagantuang tinggi
maksutnya, kehadiran isi hati dihadirat Allah yang sempurna
Rabbaniah raja sekalian roh.
yang menyampaikan kilek dengan bayang
atau cahaya Nur Zatullah
melalui sutan Marajo, kepada yang baqa dan yang pana
untuk dilakukan didalam kehidupan.
oleh pimpinan Datuak Bagindo tan Ameh jo Datuak Kari mudo.
Gindo tan ameh bermakna cahaya hakiki dari timur atau dari lapisan hati yang ke dalam. atau Kitabullah pedoman untuk beramal.
Kari mudo mudo sipat dari Gindo tan Ameh, memfanakan sagalo daya dan upaya menjadikan Kekuasaan Allah dalam bertingkah laku atau hadis rasulullah.
Dua tali sepilin tidak boleh dipisahkan.
Esa pada Zat dan Esa pada sipat
Duo Selo maksutnya dua kedudukan yang tidak terpisakan
Dua kalimah sahadat, sumpah pengakuan untuk dilantik
Ketuhanan Yang Maha Esa
Tau jo eriang dengan gendiang
pesan yang diterima dari yang tergantung tinggi atau kilek dengan bayang disampaikan oleh Sutan marajo atau ereng dengan gendeng, kemana arah pesan itu kepada 7 orang malin ,maksutnya 7 sipat dalam diri yang dikaruniai Allah untuk menikmati rahman Allah yang ditebarkan antara bumi dengan langit dan antara keduanya.
sipat itu adalah,
malin rajo hayat
malin pono ilmu
malin batuah kodarat
malin kayo iradat
malin putiah samiak
malin ameh basir
malin bandaro kalam
ketujuh sifat ini rasa rasa yang terlintasa dalam hati untuk dinikmati didunia ,dan tidak boleh putus pertalian dari pesan utama yang tersirat tanpa kata.
bagi malin malin dimusyawahkan dengan mupakat menurut Nur nur nur yang tidak boleh terpisahkan
Dan disampaikan kepada Katik malano Kari, selaku imam memimpin jamaah dalam kampung atau pikir yang jernih yang disinari cahaya timur, bukan api dari barat, atau bukan diperbudak nafsu
yang timbul dari hawa nafsu dari jantung yang berdarah panas
asal kejadian lahir manusia yang memegang tampuk dunia
bagi Kotik malano kari disampaikan kepada hulubalang dengan Monti, untuk disampaikan kepada masyarakat untuk diamalkan,
atau dilakukan oleh jasat yang kasar,
sangkar ujian nan batin,
Setiap helai bulu wilayah tidak putur dar Nur nur nur nur.
bumi dsn langit diliputi oleh cahaya Allah
Telah bertasbih kepada Allah apa apa yang ada dibumi dan dilangit
dan Kepada Allah kembali segala urusan, dari timur sampai kebarat
tidak pakai utara dan selatan, meliputi simua mata angin.
Rumah gadang batingkek tigo ,bajanjang nayiak batanggo turun
Babandua bapalaminan, baanjuang paranginan
batajuak menentukan arah, baukia babudayokan
dipakai dalam wilayah, dikuasoi Allah Taala
kasado kito babueh lillah
dipimpin Rajo nanbadiri sediri, indak barajo dalam diri
menyekutukan Tuhan itu namonyo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar